
A. VISI: Sekolahku Surgaku. Pelopor Peduli Lingkungan
Indikator:
Unggul dalam pengembangan kurikulum dan sistem asesmen
Unggul dalam prestasi akademik, non akademik, dan memiliki kompetensi yang berkualitas
Unggul dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, kontekstual, akuntabel, dan pelibatan pemangku kepentingan
Unggul dalam pendidikan yang kontekstual, bermutu dan bermakna
Unggul dalam sarana dan prasarana pendidikan dan media pembelajaran yang berkualitas
Unggul dalam pengelolaan manajemen sekolah
Unggul dalam pengelolaan dana dan keuangan
Unggul dalam imtaq dan pembangunan Karakter
Unggul dalam pengelolaan Adiwiyata
B. MISI
Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari
Merekonstruksi semangat kerja untuk mempertahankan predikat sekolah unggulan
Konsisten pada program 3R untuk mewujudkan sekolah adiwiyata mandiri
Merestorasi iklim sekolah menjadi institusiyang ramah anak
Mewujudkan ”Smart school” melampaui standar nasional pendidikan
C. TUJUAN :
Menghasilkan kurikulum yang bermutu.
Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bertaraf Nasional.
Melaksanakan PBM yang bermutu dan berkualitas
Peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan yang inovatif dan terampil
Menerapkan manajemen sekolah yang bermutu
Memiliki prasana, sarana, dan fasilitas pendidikan berstandar Nasional
Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan, pengiriman guru kepelatihan yang relevan, bimbingan karir untuk semua warga sekolah, pengakuan terhadap prestasi guru melalui pemberian insentif, kesempatan meningkatkan diri, dan pengharagaan teacher of the year
Peningkatan prestasi belajar siswa melalui pendekatan inovasi yag mampu memamcing siswa menemukan pandangan baru dan memiliki bahan belajar yang memadai dengan mengoptimakan perpustakaan untuk pemanfaatan budaya membaca
Terealisasinya suasana sekolah yang kondusif melalui peningkatan kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan dan rasa aman bagi seluruh warga sekolah, serta mengoptimalkan lingkungan sebagai sumber belajar, dengan menggunakan bahasa inggris.
Memperoleh prestasi dalam kegiatan olahraga, pramuka, kesenian, dan lomba mata pelajaran baik tingkat kota, provinsi, tingkat nasional serta memperoleh prestasi belajar yang mampu mencapai standar minimal 80 untuk semua mapel.
Terciptanya persamaan perlakuan pendidikan terhadap semua siswa tanpa membedakan agama, status ekonomi, golongan, suku, jenis kelamin, dan pendidikan bersifat terbuka untuk semua sehingga tercipta rasa keadilan.
Peningkatan kesadaran masyarakat, orang tua, lembaga social, dan semua stakeholders perlu dilakukan untuk menciptakan potensi sekolah dan lingkungan yang bisa tanggap terhadap kebutuhan lokal, dan bertanggung jawab kepada orang tua dan masyarakat, pemberdayaan dewan sekolah dan komisi sekolah.
Terciptanya penerapan model-model pembelajaran bagi anak berprestasi, bermasalah, dan kelompok anak lainnya yang bertaraf internasional.
Terealisasinya budaya tatakrama, lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dan sistem sanitasi/drainase.